mengatasi motor brebet


Apa yang anda lakukan ketika motor anda brebet?

brebet adalah suatu kondisi dimana motor anda megalami gejala seperti kehabisan bensin walaupu motor masih bisa menyala namun itu tidaka akan lama dan akan membuang waktu anda jika gejalanya semakin parah maka motor anda bisa mati.

lalu adakah cara" untuk mengatasinya.
berikut adalah langkah - langkahnya :

1. cek bahan bakar anda bahan bakar yag tidak bagus bisa meninggalkan kerak yang akan menghambat kerja mesin, gunakan selalu bahan bakar yang sesuai spesifikasi motor anda yang bertujuan agar mesintidak cepat rusak.

2. cek busi : Motor yang brebet juga bisa disebabkan oleh busi yang tidak bagus atau kotor. Coba bersihkan atau ganti busi motor Anda.
3.Setel karburator
      a. Pertama-tama hidupkan motor anda terlebih dulu lalu diamkan untuk tetap menyala kira-kira 5-10 menit untuk memanaskan mesin.
      b.  Langkah kedua adalah putar bagian baut penyetel rpm atau penyetel sekep dengan arah untuk mengencangkan bagian baut penyetel, Pengencangan ini membuat mesin motor semakin naik.
     c. Lalu kencangkan bagian baut untuk penyetel udara melalui cara pemutaran pada baut penyetel melalui arah pengencangan. Proses penyetelan ini pun membuat mesin menjadi semakin turun sebab saluran udara pada karburator pun semakin tertutup. 
     d.  Putar bagian baut untuk penyetel udara menuju arah sebaliknya yakni menuju arah bagian pengendoran baut. Lakukan dengan perlahan sambil mendengarkan tarikan suara mesin yang semakin keras tetapkan pada posisi yang setabil.

4. Bersihkan karburator / bawa ke bengkel
11. Bongkar karburator dan ambil dari  dudukannya 
  2. Copot bagian mur/ring dengan obeng.
  3. Rendam karburator dalam ember yang berisi bensin
  4. Setelah di rendam bersihkan bagian karburator dengan kompresor (jika punya) atau tiup yang kuat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »