BARANG BEKAS JADI FIGURA ATRAKTIF

Figura atraktif dari kulit pohon pisang
      Baiklah kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara memanfaatkan limbah yang tak berguna menjadi bermanfaat, dalam pelajaran prakarya di ajarkan bagaimana cara memanfaatkan limbah menjadi barang yang lebih bernilai dan mempunyai nilai jual. Untuk tugas prakarya ini saya membuat figura atraktif yang bahan dasarnya adalah pelepah pisang, biasanya didesa saya banyak pohon pisang yang tidak digunakan bahkan sampai – sampai membusuk dan membuat lingkungan sekitar menjadi kotor. Oleh karena itu saya terpancing untuk untuk memanfaatkan limbah tersebut.
ganteng kan yaaa wkwkwk :v.....
      Sedikit saya deskripsikan bingkai atraktif ini mempunyai keunikan tersendiri karena keseluruhan bingkai ini terbuat dari kulit pohon pisang, yang dapat menambahkan kesan alami tersendiri bagi bingkai ini. Selain cocok dipasang di berbagai tempat bingkai ini juga ringan tidak terlalu berat sehingga jika jatuh tidak akan rusak atau pecah.
      Jika anda penggemar fotografer atau suka berfoto-foto pasti sudah tau apa yang dimaksud dengan figura. Karena pada umumnya setiap hasil foto/ jepretan yang ingin dipajang, sudah barang tentu memakai figura. Pada umumnya figura dibuat dari kayu,timah,plastik dll,tetapi pada kesempata ini saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat figura berbahan dasar pelepah pisang(debog). Mungkin bagi anda yang belum mengetahui dan bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya dan proses juga hasilnya mari kita simak penjelasan berikut ini:

Bahan – bahan

  • Pelepah pisang
  • Cutter
  • Lem kayu
  • Gunting 
  • Kardus bekas 

Langkah – langkah

  1. Siapkan kardus bekas, dan bentuk kardus yang ingin dibuat menjadi bingkai foto sesuai selera anda.
  2. Lipat kulit pohon  pisang hingga terdapat celah lipatan.
  3. Lipat kulit pohon  pisang yang sisi panjangnya hingga membentuk persegi atau sesuai selara anda
  4. Rekatkan setiap sisi yang telah di lipat dengan lem kayu
  5. Buat hiasan seperi tali atau sesuai selera anda untuk menghias dibagian luar bingkai tersebut
  6. Tempelkan hiasan tersebut ke figura menggunakan lem kayu
  7. Iris lipatan yang ada dibagian atas sebagai jalan masuknya foto yang anda pilih
  8. Tutup bagian belakang figura tersebut menggunakan kardus bekas 
  9. Tempelkan didinding selesai deh


Unik bukan ? demikian adalah cara membuat figura atraktif dari kulit pohon  pisang, demikian artikel cara membuat figura atraktif dari pelepah pisang mungkin lain kali anda bisa membuatnya dirumah, jangan lupa tunggu artikel selanjutnya di rifqihidayat9.blogspot.com selamat mencoba terima kasih ...

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »